Member of PPI Dunia 2019-2020

Teks Khutbah Hari Raya Idul Fitri di Sekretariat PPI Sudan



Penyampaian Khutbah oleh Khatib ( Dok. BikomHumas )

الله أكبر الله أكبر الله أكبر الله أكبر الله أكبر 
الله أكبر كبيرا و الحمد لله كثيرا و سبحان الله بكرة و أصيلا 
لا اله الا الله وحده و صدق وعده  و نصر عبده  و أعز جنده  و هزم الاحزاب  وحده 
لا اله الا  الله وحده لا شريك له لا نعبد الا اياه مخلصين له الدين لا اله الا الله هو الله اكبر الله اكبر و لله الحمد
نحمد الله جلا جلاله نحمد الله في خيره و شره و نحمده على جميع نعمه و رحمته 
و نصلى و نسلم على نبيه و رسوله و صفيه و حبيبه طه الأمين بلغ رسالة ربه و أدى الامانة و جاهد حق جهاده    و أنتم مسلمون ّ الا ّ يا ايها الذين آمنوا اتقوا الله حق تقاته و لا تموتن :  ربنا في محكم تنزيله ّ قال جل )125 ة و لتكبروا الله على ما هدىكم و لعلكم تشكرون : البقرة ّ (و لتكملوا العد
 ) 15 - 14 (قد أفلح من تزكى و ذكر اسم ربه فصلى : الأعلى

  Hadirin jama’ah i’ed akramakumullah
Gemuruh takbir telah menggema semenjak tadi malam. Seluruh umat muslimin berbahagia, dari kaula muda hingga orang tua, laki maupun perempuan, sehat maupun sakit, rakyat maupun pejabat merasakan kebahagaian itu di hatinya masing-masing. Hari ini adalah hari yang memang mestinya kita harus menunjukan kebahagiaan, sebagai syiar Islam. Bahwa agama ini adalah agama yang rahmatan lil a’lamin. Bahwa Agama Islam adalah agama yang mudah. Bahwa rosul diutus sebagai mua’liman muyyasaro. 
Ketika Rosul Saw. hijrah ke Madinah, beliau mendapati orang-orang  Anshor bergimbira dengan dua hari raya pada masa jahiliyyah. Beliau bersabda “Sesungguhnya Allah telah mengganti untuk kalian dua hari yang lebih baik dari dua hari raya itu; idul fithri dan idul adha” (H.R Ahmad) 
Hari ini adalah hari mulia. Hari kemenangan dan hari kebahagaiaan. Kaum muslimin diajarkan untuk bersenang dengan keagungan Allah Swt. Hari ini adalah hari besar sebagai syia’ar umat Islam. Sebagaimana firman-Nya :
قل بفضل الله و برحمته فبذالك فليفرحوا هو خير مما يجمعون 
Artinya : “Katakanlah dengan karunia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Karunia Allah dan rahmat-Nya itu lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan” (Q.S : Yunus : 58)
Hari ini kita bergembira dengan irsyadirrosulillah. Hari ini hari kemenangan hari kebahagiaan. Walaupun kita sedang dalam keadaan yang Allah uji dengan virus Covid-19 ini, kita harus menampakan kebahagaian tersebut. Sebagaimana kisah dalam Hadist riwayat Bukhori, suatu hari Abu Bakar berjalan didepan dua orang wanita yang sedang melantunkan nasyid di dekat rumah Nabi. Abu bakar marah dan menyuruh keduanya diam, karena beliau mengira Rosul sedang tidur. Dan ketika itu Rosul menampakan wajah dihadapan Abu Bakar seraya berkata kepada “wahai Abu Bakar, sesungguhnya setiap kaum itu memiliki hari raya, dan hari ini adalah hari raya kita”
Akan tetapi sebagian orang menyukai sebuah kesengsaraan dan kesusahan, dan itu fakta adanya. Mengira bahwa dirinya lah yang berada diatas Haq padahal keliru dan salah besar. Apalagi di dalam pandemi Covid-19 ini. Sebagian kelompok kecil menyakiti hati mayoritas muslim. Dan mengajak orang untuk menyakiti, dan ini fakta adanya. Maka mereka adalah orang-orang yang semoga Allah Swt. beri hidayah dan meluruskan mereka. Karena perbuatan mereka jelas menyelisihi ajaran islam.
Dan semoga Allah Swt. memberi kita taufiq kepada jalan yang benar dalam bersyukur. Ud’uu Robbakum. Innallaha mujiibuddu’a.

Teks Khutbah Asli 1 ( Dok. BikomHumas 

الله أكبر الله أكبر الله أكبر الله أكبر الله أكبر 
الله أكبر كبيرا و الحمد لله كثيرا و سبحان الله بكرة و أصيلا 
لا اله الا الله وحده و صدق وعده  و نصر عبده  و أعز جنده  و هزم الاحزاب  وحده 
لا اله الا  الله وحده لا شريك له لا نعبد الا اياه مخلصين له الدين لا اله الا الله هو الله اكبر الله اكبر و لله الحمد
الله اكبر ما صام المؤمن و أفطر الله اكبر حمدا كثيرا لله كما امر حمدا لمن خلق كل شيئ فقدر و أرسل رسوله نذيرا و بشيرا على البشر 
صلاة و سلاما على المصطفى المختار سيد الخلائق و البشر و على أصحابه و من تبعه الى يوم المحشر أما بعد .
يا ايها الناس اتقوا ربكم الذي خلقكم من نفس واحدة و خلق منها زوجها و بث منهما رجالا كثيرا و نساء و اتقوا الذي تساألون به و الأرحام .   الله عليكم رقيبا ّ إن :  ربنا في محكم تنزيله ّ قال جل
(د )7 عذابي لشدي  :إبرهيم : ّ كم و لئن كفرتم إن ّ ن ربكم لئن شكرتم لأزيدن ّ و إذ تأذ
(الله وا نعمة  م ّ و إن تعد )18 الله لغفور رحي : النحل :
Hadirin jama’ah i’ed akramakumullah
Hari ini kita memakai pakaian baru atau pakaian yang terbaik yang kita miliki adalah karena tuntunan Rosulullah Saw. kita berkumpul, berbahagia, menebarkan kebahagian dan membagikannya dan menanamkam kebahagian tersebut kedalam hati kaum muslimin adalah karena tuntunan Rosulullah Saw. kebahagiaan yang nampak dari wajah-wajah berseri adalah salah satu gambaran rahmat Allah Swt. yang patut dan harus kita syukuri. Sejatinya, wabah Covid-19 pun adalah sebuah nikmat yang harus kita syukuri dan renungi. 
Banyak kaum muslimin salah meninterpretasikan atau memaknai syukur. Dan kesalahan tersebut menyababkan kesalahan dalam pengimplementasian atau melaksanakan makna bersyukur. Banyak terjadi kholwat bercampur laki dan perempuan di luar batas agama. Bermaksiat di pantai-pantai dan gunung-gunung. Hari mulia untuk sambung tali persaudaraan dijadikan ajang riya, pamer, sum’ah, sombong, ghibah, dan menghinakan yang lebih rendah derajatnya. Maka lebaran tahun ini adalah momentum kita untuk bertafakkur atas kesalahan kita dalam memaknai syukur atas nikmat Allah Swt.
Teks Khutbah Asli 2 ( Dok. BikomHumas )

Allahu Akbar 3X
Hadirin jam’ah ied yang berbahagia.
Kita diajarkan oleh rosul untuk selalu bersyukur dan berbahagia dalam seluruh keadaan. Walaupun dalam keadaan wabah Covid-19 ini. Karena sejatinya muslim tahu bahwa kebaikan dan keburukan semua bersumber dari Allah Swt. dan kepadanya lah akan berakhir pula. Hari ini kita berkumpul dengan baju yang indah, berkumpul ditempat yang indah, dan akan kembali dengan keindahan. Semenjak malam, wangi rendang dan opor sudah semerbak. Kue-kue lebaran tertata rapih, itu semua adalah tuntunan Rosulullah Saw. untuk bagaimana kita bersyukur kepada Allah Saw.

 )172يا أيها الذين أمنوا كلوا من طيبات ما رزقناكم و اشكرو لله ان كنتم إياه تعبدون (البقرة :
Artinya : “Wahai orang-orang beriman !. makanlah yang baik dan halal dari apa yang telah Kami turunkan sebagai rezeki kalian. Dan bersyukurlah kepada Allah jika benar kalian menyembah-Nya.” كّ يا بني آدام قد أنزلناا علايكم لباساا ياواري ساوآتكم و ريشااصالى و لبااس التقاوى ذالاك خيارج ذلاك مان آياات الله لعلهام ياذ رون  )26(الأعراف :
Artinya : “Wahai anak Adam, sesungguhnya kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup aurat mu dan pakaian yang indah untuk perhiasan. Dan pakian ketakwaan itulah yang paling baik. Itu adalah sebagian dari tanda-tanda kebesaran Allah, agar mereka selalu mengingat. ”
Tapi hendaknya kita tidak tertipu dengan apa yang kebanyak orang lakukan dalam bersyukur. Karena pemahaman sebagian besar masyarakat memaknainya salah dan menyelisihi syariat Agama. Dan jangan pula kita menghalang-halangi orang untuk bertafakkur kebesaran Allah Swt. dengan dalih supaya manusia hanya ingat akhirat dan manusia diciptakan hanya untuk ibadah aja dalam pengertian sempit. Sungguh itu bertentangan dangan ajaran islam yang sebenarnya. Sebagaimana firman Allah Swt : و ابتغ فيما ءاتىك الله الدار الأخرة صلى و لا تنس نصيبك من الدنيا صلى و أحسن كما أحسان الله إلياك صالى و لا تباغ الفسااد فاي  )77 الأرض صلى إن الله لا يحب المفسدين (القصص :
Artinya : “dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu dari urusan akhirat. Dan janganlah kamu melupakan bagian mu di dunia, dan berbuat baiklah sebagaimana Allah telah berbuat baik kepada mu. Dan janganlah berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat rusak” 2 شسئ قدير (العنكبوت : ّ الله على كل ّ الله ينشئ النشأة اللأحرة إن ّ قل سيروا في الأرض فانظروا كيف بدأ الحلق ثم 0)   Artinya : “Berjalanlah di (muka) bumi, maka perhatikanlah bagaimana Allah menciptakan (manusia) dari permulaannya, kemudiaan ia menjadikannya sekali lagi. Sesungguhnya Allah maha kuasa atas segala sesuatu.”
Sesungguhnya Islam tidak melarang manusia untuk bertamasya ke pantai-pantai, atau ke puncak gunung dan nongkrong atau berbelanja di Mall. Akan tetapi Islam menempatkan semua itu sesuai dengan kebutuhan dan demi kebaikan. Seharusnya jika muslim bertamasya ke pantai ia bertafakkur akan keindahan rahmat Allah Swt. dan apabila berlibur ke puncak gunung ia bertafakkur akan kebesaran kerajaan Allah Swt. dan apabila keluar menuju Mall atau pusat perbelanjaan maka ia bertafakkur akan kemurahan dan keluasan rahmat dan rezeki Allah Swt.
Maka alfaqir mengajak kepada seluruh umat islam – dari mimbar mulia ini – untuk menyebarkan ajaran Islam dengan penuh kemudahan dan kebahagiaan. Cukuplah sudah, menyalahi orang lain dan menganggap dirinya paling benar dan paling mengikuti ajaran Nabi Saw. Manusia sudah terlalu nyaman dan senang kepada keburukan dan kemaksiatan, karena keburukan dan kemaksiatan datang menghampiri mereka dengan sangat lembut dan menyenangkan. Maka jangan sampai kemudahan dan kesenangan agama Islam terkubur dengan keindahan maksiat yang menipu. 
Dan hendaklah kita memaknai bersyukur atas nikmat Allah dengan memperbaharui niat ibadah kita, sebagaimana barunya pakaian kita. Dan semakin rajin dalam mendekati diri kepada Allah untuk mempersiapkan Ramadhan yang akan datang, dengan banyak berzikir, beristighfar, sedekah, membaca Alquran dan hadir di dalam majlis-majlis ilmu.
 
Teks Khutbah Asli 3 ( Dok. BikomHumas )
نسال الله اللطف و الرحمة و ندعو الله ا ف بين قلوبن و أن يوحد كلماتنا و أن ّ سبحانه و تعالى في هذا اليوم العظيم ان يؤل يهدنا فيمن هدى و أن يستر عيوبنا و أن ينور قلوبنا و أن يغفر ذنوبنا 
سبحانك يا ربنا لا نعبد ربا سواك اللهم اغفر للمسلمين و اغفر ذنوبنا و كفر سيئاتنا و تفنا مع الأبرار يا خي يا قيوم برحمة أستغيث.
اللهم انت ربنا لا اله الا انت و نحن عبادك و نحن على عهدك و وعدك ما ستطعنا نعوذ بك من شر ما صنعنا و نبوؤ لك بنعمتك علينا و نبوؤ لك بذنوبنا فاغفر لنا فإنه لا يغفر الذنوب إلا أنت 
الله إن نسألك من الخير كله آجله و عاجله ما علمنا و ما لم نعلم و نعوذ بك من الشر كله آجله و عاجله ما علمنا و ما لم نعلم 
اللهم إنا نسألك الجنة و ما قربنا اليها من قول و عمل و نعوذ بك من النار  و ما قربنا اليها من قول و عمل
اللهم إنا نسألك ما سألك عبدك و رسولك محمد صلى الله عليه و سلم و نعوذ بك ما أذى منه عبدك و رسولك محمد صلى الله عليه و سلم
اللهم إنا نسألك أن تجعل كل قضاء قضيتها لنا خيرا
اللهم تقبل منا إنك أنت سميع عليم و استجب دعاءنا ببركات هذا اليوم العظيم و بركات جاه نبي العظيم
اللهم صل و سلم على سيدنا نبيك و حبيبك محمد صلى الله عليه و سلم و آخر دعوىنا عن الحمد لله رب العلمين.
و كل عام و انتم بالخير و عيدكم مبارك
و السلام عليكم و رحمة الله و بركاته.

Tidak ada komentar